SEO vs SEM Pilih mana?

SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu teknik untuk mengoptimasi website agar muncul di hasil pencarian mesin pencari.¹ 

 
 

SEO dapat membantu meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari, sehingga website lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet. Hal ini dapat berdampak pada peningkatan traffic kunjungan ke website, yang pada akhirnya dapat meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. 

 
 

Beberapa jenis SEO yang ada di antaranya: 

 
 
    • SEO On-Page, yaitu optimasi yang dilakukan di dalam halaman website 
       
       
    • SEO Off-Page, yaitu optimasi yang dilakukan di luar halaman website 
       
       
  • SEO Teknis (Technical SEO), yaitu optimasi yang berfokus pada aspek teknis website 
     
     
  • Local SEO, yaitu optimasi agar website mudah ditemukan di mesin pencari di wilayah atau lokasi terdekat

SEM

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yang merupakan strategi pemasaran digital untuk mengiklankan dan mengoptimalkan website agar muncul di halaman teratas mesin pencari. 

 
 

SEM merupakan strategi pemasaran berbayar yang menggunakan model pay-per-click (PPC). Dengan SEM, website akan muncul sebagai iklan atau ads di halaman hasil pencarian (SERP). Setiap kali ada pengguna yang mengeklik iklan tersebut, maka akan dikenakan biaya. Semakin banyak orang yang mengeklik iklan, maka semakin tinggi biaya SEM yang harus dikeluarkan. 

 
 

SEM berbeda dengan SEO, yang mendapatkan traffic secara organik dan gratis. SEM lebih cepat membantu website mendapatkan visibilitas di hasil mesin pencari. 

 
 
Google Ads merupakan salah satu sarana untuk menggunakan strategi SEM.

Jasa SEO dan Iklan Google Ads

Bingung mau optimasi website dan google bisnis? atau mau lebih cepat mendapatkan order dengan iklan ads? hubungi kami semua masalah diatas akan segera beres

SEO Google Bisnis

Bagaimana cara optimasi google bisnis?

Salah satu cara optimasi google bisnis adalah dengan cara memasang maps citation sebanyak mungkin seperti gambar di bawah:

Jasa SEO Google Maps

Naikan Omset Bisnis Anda

Iklan Google Ads Murah

Rp15.000

Jasa SEO Google Maps

Rp250.000

Jasa Iklan Google Ads

Rp250.000

Scroll to Top